banner 300x30

29 Desa di Boltim Bakal Rekrut BPD Baru

29 Desa di Boltim Bakal Rekrut BPD Baru
Iklas-Pasambuna

BOLTIM – Puluhan Desa di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Bakal merekrut Badan Permusyarawatan Desa (BPD). Pasalnya, Surat Keputusan Bupati Boltim Sehan Landjar SH, tentang BPD akan berakhir pada November mendatang.
Demikian disampaikan Kepala Bagian Tata Pemerintahan (Tapem) Boltim, Ihklas Pasambuna SSTP, saat bersua dengan Kabar Boltim pada (27/09/2019). Kata Dia, dalam waktu dekat ini akan ada perekrutan Anggota Badan Permusyawaratan Desa. “Kita sudah gelar pertemuan bersama kepala desa, terkait fasilitasi perekrutan calon BPD di 29 Desa,” kata Ihklas.
Dia menjelaskan, Perekrutan BPD akan diupayakan secepatnya, agar tidak ada kekosongan di tiap desa. “Kepala Desa, segera membentuk Panitia di Desa, untuk merekrut calon BPD,” tambahnya.
Kata Ihklas, Jumlah BPD yang akan ditetapkan akan dikurangi, karena dinilai mempengaruhi kondisi keuangan di desa. Sebelumnya jumlah BPD paling Sedikit Lima orang, tapi untuk tahun ini, dikurangi berdasarkan jumlah penduduk, serta luas wilayah. “Kalau wilayahnya hanya Dua Dusun, maka Anggota BPD hanya 3 Orang. Sementara Desa yang memiliki Empat Dusun, Anggota BPD nya bisa sampai 5 Orang,” jelasnya.
Ihklas memberikan alasan terkait pengurangan anggota BPD di tiap Desa. “Anggota BPD di batasi, karena ada dua hal. Yang pertama karena jumlah penduduk dan dusun yang sedikit. kedua masalah kemampuan keuangan desa,” jelasnya.
Terpisah, Camat Modayag Barat, Jantra Damopolii lewat sambutannya pada pertemuan di Desa Moonow, sempat menjelaskan tentang kriteria calon anggota BPD. “Usia calon minimal 20 tahun, dan maksimalnya tidak dibatasi, Calon juga tidak boleh dari kalangan PNS, TNI atau Polri,” singkatnya (*)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses