banner 300x30

Bersih Desa, Etnis Jawa Gelar Sukuran dan Carnaval Budaya

Bersih Desa, Etnis Jawa Gelar Sukuran dan Carnaval Budaya

MODAYAG – Warga suku jawa, di Kecamatan Modayag, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), menggelar Syukuran dengan cara menghidangkan makanan di depan rumah, sebagai bentuk rasa sukur atas hasil panen selama sertahun, serta menggelar Carnaval Budaya Etnis Jawa, dengan mempromosikan hasil pertanian. kegiatan tersebut berlangsung pada minggu (14/07/2019) di sepanjang pemukiman warga penduduk etnis jawa.

Kepala Desa Puworejo, Sumanto Majid, saat bersua dengan media ini mengatakan, acara syukuran atau bersih desa ini, merupakan salah satu tradisi warga suku jawa di kecamatan Modayag. “Acara ini untuk mensyukuri hasil panen selama setahun, maka dari itu kami menggelar syukuran,” katanya.

Dia menambahkan, agar lebih semaraknya syukuran atau bersih desa, pemerintah desa puworejo Bersatu, Pemuda, dan masyarakat, menggelar Carnaval Budaya jawa. “Kami mempromosikan adat -adat jawa, seperti, baju adat jawa, kuda kepang, dan berbagai hiburan drum Band, serta pertunjukan orang jawa saat di pekerjakan oleh belanda,” tambahnya.

Sumanto mengucapkan terima kasih kepada warga masyarakat modayag bersatu, yang telah ikut meramaikan kegiatan bersih desa. “Terima kasih atas kunjungan masyarakat sekecamatan modayag bersatu, yang telah ikut meramaikan acara syukuran di Desa Purworejo bersatu,” tutupnya.
terkhusus untuk Desa Purworejo, syukuran ini bersamaan dengan hari ulang tahun desa. “kegiatan ini juga bersamaan dengan hari ulang tahun Desa ke 66,” tutupnya
Terpisah, Uyun K Pangalima S pd, Selaku kepala wilayah kecamatan Modayag, menyampaikan, apresiasi kepada pemerintah desa, pemuda serta masyarakat, yang telah menggelar kegiatan ini. “Terima kasih seluruh kepala desa puworejo bersatu, pemuda dan masyarakat, yang turut berpartisapisi dalam kegiatan carnaval bersih – bersih desa,” singkatnya. (Mks)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses