banner 300x30

Boltim Bisa Empat Dapil

Boltim Bisa Empat Dapil
Posted by:
Boltim – Dalam rangka menghadapi Pemilihan Legislatif (Pileg) yang nanti akan dilaksanakan pada tahun 2019 nanti, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) tahun ini sudah memulai tahapan awal.
Ketua KPU Boltim Awaludin Umbola mengungkapkan, tahapan awal akan dilaksanakan verifikasi factual untuk daerah pemilihan dan partai politik. “Bulan juni kita sudah mulai dengan sosialisasi, dan selanjutnya kita akan bahas mengenai partai politik dan daerah pemilihanK,” Katanya.
Menurutya, melihat situasi saat ini untuk Kabupaten Boltim kemungkinan akan mengalami penambahan daerah pemilihan. “Bisa jadi tiga atau empat Dapil. Namun akan dilihat dari jumlah penduduk di wilayah kecamatan dan saat ini masih menunggu regulasi dari pusat untuk menentukan keputusan” Ungkap Umbola
Umbola menambahkan, untuk jumlah kursi yang saat ini berjumlah 20 kursi, kemungkinan tidak akan ada penambahan. “Jumlah penduduk saat ini belum mencapai 100 ribu, makanya untuk kursi kemungkinan tetap 20 kursi,” ujar Umbola.
Sedangkan untuk partai yang akan ikut serta dalam Pileg 2019 nanti, menurunt Umbola akan diverifikasi ulang. “Secara nasional memang ada 12 Parpol, namun yang aktif saat pencalonan lalu hanya sepuluh. Untuk partai yang baru terdaftar di kemenkuham, akan diverifikasi apakah layak ikut dalam Pileg nanti,” ujarnya.
Umbolah mengungkapkan, saat ini sudah ada beberapa masyarakat yang meminta data ke KPU Boltim dalam rangka persiapan mengikuti Pileg. “Sudah ada yang datang, katanya untuk keperluan dalam persiapan pileg. Dan kita memberikan apapun data yang dibutuhkan,” tutup Umbola. (Tim)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses