banner 300x30

Legislator Boltim Terima Materi Politik Pengambilan Keputusan Oleh Pakar Neurosains

Legislator Boltim Terima Materi Politik Pengambilan Keputusan Oleh Pakar Neurosains
Foto bersama Anggota DPRD Boltim

MANADO – ANGGOTA Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (DPRD Boltim), pada hari kedua orientasi Minggu (22/9), menerima materi tentang Politik Pengambilan Keputusan yang dibawakan salah satu pakar Neurosains, Dr Taufik Pasiak.
Keduapuluh legislator yang belum lama dilantik tersebut mendapatkan sejumlah ilmu mengenai cara menggunakan kecerdasan mental dan menggali intelektualitas mereka dalam rangka pengambilan keputusan di lembaga perwakilan rakyat nanti. Pasiak, menuturkan sejumlah contoh mengenai kekeliruan pengambilan keputusan yang bisa berakibat fatal bagi nasib orang banyak. “Anda bisa membayangkan bagaimana jika anggaran sebuah jalan yang menghubungkan ekonomi masyarakat yang bergantung kepadanya. Kemudian itu keliru dan berakibat fatal bagi nasib mereka, yang tentu saja merupakan konstituen anda,” tuturnya.

Oleh karenanya, para legislator disarankan untuk menguasai minimal 3 ilmu penting untuk bisa mengaktualisasikan kecerdasan otak, agar dalam pengambilan keputusan nanti tidak keliru, minimal mengurangi kesalahan. Yakni, ilmu Komunikasi, yang bermanfaat untuk menciptakan diskusi dan permufakatan yang sehat, termasuk lobi-lobi politik yang sifatnya untuk proses demokrasi di lembaga. Manajemen stress, agar dalam pengambilan keputusan nanti para legislator bisa berpikir secara cerdas dan tidak terganggu dari sisi kesehatan juga. Serta penguasaan teknologi, dimana saat ini secara demografi jumlah penduduk didominasi orang berusia muda dan menguasai teknologi.
“Tiga ilmu ini paling tidak bisa bermanfaat dalam pengambilan keputusan di lembaga DPR nanti. Ingat, nasib rakyat dan bangsa kita ada di tangan saudara. Kita tidak bisa main-main soal mengambil keputusan. Memang kedengaran sederhana, namun jika diabaikan bisa berakibat fatal,” ujar Pasiak.

Setelah penyampaian materi, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab oleh para anggota DPRD Boltim kepada pemateri. Dari beberapa pendapat peserta orientasi, sangat mengharapkan agar diskusi dan sharing ilmu dengan para pakar dan intelektual seperti ini bisa lebih sering dilaksanakan. Selain menambah ilmu, juga lebih memperkaya khazanah pengetahuan para wakil rakyat dalam kerja-kerja legislasi, budgeting, dan pengawasan, yang merupakan tugas utama legislator.(*)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses