banner 300x30

Pembuatan KIA di Boltim Terkendala Mesin

Pembuatan KIA di Boltim Terkendala Mesin
Rusmin Mokoagow

BOLTIM – Pembuatan Kartu Identitas Anak (KIA), di Dinas Catatan Sipil (Capil) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), masih terkendala alat pencetak. Pasalnya Dinas belum memiliki Mesin pencetak Kartu KIA.
Demikian dikatakan Kepala Dinas Catatan Sipil (Capil) Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Drs Rusmin Mokoagow, kepada Kabar Boltim pada Kamis (12/09/2019). Kata Dia, Instansi yang di nakhodainya belum memiliki mesin pencetak kartu identitas Anak. “Kita belum memiliki mesin pencetak kartu KIA, sehingga masih sangat banyak anak anak yang belum kantongi kartu tersebut,” katanya.
Dikatakannya, Pihaknya pernah mengusulkan pembelian mesin tersebut. Namun, karena usai pengajuan harga berbeda, sehingga tidak jadi di beli. “kami ajukan dana sekitar 27 juta untuk pengadaan mesin, itu berdasarkan harga dari Perusahaan, tetapi tidak ada pihak ketiga yang berani, karena setelah dihitung, pajak dan ongkos kirimnya, mencapai 33 juta, sehingga mesin tidak jadi di beli,” tambahnya.
Rusmin mengaku, telah mengajukan dana yang lebih besar untuk pengadaan mesin tersebut pada tahun 2020 mendatang. “Kami sudah ajukan lagi di tahun 2020, semoga kita bisa segera memiliki mesin tersebut, agar anak anak di boltim sudah bisa memiliki KIA,” jelasnya.
Dia menyebut jika ada yang membutuhkan kartu tersebut, maka Capil bisa menyiasati untuk di cetak lewat mesin percetakan KTP. “Jika ada yang membutuhkan, maka akan kita buatkan, akan dicetak lewat mesin yang ada saat ini. Desember tahun lalu, sudah ada yang dicetak, menggunakan mesin yang ada, dan saat ini anak yang mengantongi baru sebanyak 25 orang dari sekitar 18 ribu anak berusia 0 hingga 16 tahun lebih,” ungkapnya (*)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses