banner 300x30

Pemerintah diminta serius tangani Ilegaloging

Pemerintah diminta serius tangani Ilegaloging

Tutuyan – Pemerintah daerah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), diminta lebih serius menangani masalah ilegaloging, pasalnya banyak aktifitas pembalakan yang terjadi namun tidak ditanggapi serius oleh Pemerintah. Mereka dinilai lebih mencegah para Petani yang membuka lahan perkebunan ketimbang mencegah ilegalonging.

Hal ini sebagaimana pernyataan Alheid beberapa waktu lalu, menurutya  banyak Keluhan masyarakat terkait batas hutan lindung yang sudah dipersempit. “banyak perkebunan rakyat di wilayah ibukota yang diduga sudah masuk hutan lindung, padahal itu sudah lama dijadikan perkebunan masyarakat, dikecamatan Tutuyan ini, sebagian besar masyarakat petani, mereka berkebun sejak lama, tapi wilayahnya dipersempit, mereka lebih membiarkan para pelaku Ilegaloging beraktitas,” kata aba Nu sapaan akrabnya.

Dia meminta kepada DPRD Boltim agar lebih serius menangani masalah batas-batas hutan, agar masyarakat bisa tahu sebenarnya dimana lokasi Hutan lindung. “pada jaman dulu batas Hutan lindung jauh dari pemukiman, tapi sekarang batasnya sudah sangat dekat dengan pemukiman yang saat ini sudah menjadi perkebunan, rakyat ingin kejelasan dimana sebenarnya letak Hutan lindung ataupun Hutan Produksi terbatas, agar rakyat tahu,”tegasnya.

Terpisah Aleg DPRD Boltim Faisal mamonto menjelaskan, jika Ilegaloging menjadi momok kita bersama, sehingga hal tersebut akan diperhatikan. “Sejak tahun lalu sudah dibentuk Tim untuk pencegahan ilegaloging karena aktifitas ini menyebabkan banjir dan longsor. Namun meski demikian, kami akan koordinasikan dengan Dinas Provinsi dalam waktu dekat ini, Kita harus cegah bersama sama pelaku ilegaloging,” ungkap Faisal

Sementara itu Sofian ALhabsy mengatakan, akan melakukan koordinasi dengan instansi terkait mengenai masalah ini, termasuk sosialisasinya. “Saya juga tidak tahu tentang Hutan lindung atau HPT diwilayah mana, karena tidak pernah disosialisasikan oleh instansi terkait, sehingga akan kita usahakan agar hal ini bisa disosialisasikan kepada masyarakat,” tutupnya (end).

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply