banner 300x30

Sebut Eyang ‘Maniso’, Wagub Sulut Bakal Dilapor

Sebut Eyang ‘Maniso’, Wagub Sulut Bakal Dilapor

 

Boltim – Pernyataan Wakil Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Steven Kandow, yang menyebut Bupati Boltim Sehan Sehan Landjar SH ‘Maniso’ ingin membangun Rumah sakit, sebagaimana yang dikutip salah satu Media Online BMR yakni https://kroniktotabuan.com/boltim/steven-sampaikan-ke-sehan-landjar-jangan-maniso-buat-rsud-baru. mendapat tanggapan balik dari Bupati Boltim, serta kritikan dari Lembaga Adat Boltim.

Hal ini sebagaimana pernyataan resmi dari Bupati Boltim Sehan Landjar. Dia mengatakan, wakil Gubernur (Wagub) Sulawesi Utara (Sulut), belum memahami Kaidah bahasa. Bahkan menurut Eyang sapaan akrab Sehan Landjar, seorang pejabat sekelas Wagub, sangat tidak etis ketika dalam pidato atau sambutan di hadapan banyak orang, lantas menggunakan kata ‘Maniso’ seperti dalam pemberitaan sejumlah media masa.“Saya menilai Wagub belum pintar menggunakan kata atau kalimat, dan masih kurang paham tentang kaidah bahasa. Sehingga menurut saya, beliau menggunakan kata yang kurang etis, untuk dilontarkan oleh pejabat sekelas Wagub,” sindir Eyang.

Eyang mengaku, Dia memahami bahwa setiap orang memiliki kemampuan yang berbeda soal penggunaan dan penyusunan tata bahasa yang baik.

“Menurut saya, kata ‘maniso’ seperti yang dilontarkan oleh Wagub itu, kebanyakan hanya diucapkan oleh laki-laki Sundal,” pungkas Bupati yang dikenal kritis ini.

Lain halnya pernyataan ketua Lembaga Adat Boltim Dedy Ginoga. Dia tidak menerima pernyataan Wakil Gubernur Sulut tersebut, sehingga melalui lembaganya, mereka akan melaporkan hal ini ke Pusat. “Saya selaku ketua Aliansi Masyarakat Adat Nusantara Boltim, tidak menerima pernyataan Wakil Gubernur Sulut dimana mengatakan Bupati Boltim “MANISO” karna berkeinginan membangun Rumah Sakit , kata MANISO hanya ditujukan pada laki-laki yang hidung Belang, dan Bupati kami tidak seperti itu. Hal ini akan kami laporkan kepada Pengurus AMAN Pusat,” singkat Dedy. (end)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses