banner 300x30

Tiga Partai Bersatu Bentuk Fraksi di DPRD Boltim

Tiga Partai Bersatu Bentuk Fraksi di DPRD Boltim
Tiga Pimpinan Partai usai menggelar rapat pembentukan fraksi DPRD Boltim

BOLTIM – Pelantikan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bolaang Mongondow Timur (Boltim) terpilih, tidak lama lagi digelar. sejumlah partai telah membangun komunikasi untuk koalisi menjadi satu Fraksi di DPRD. Seperti yang dilakukan salah satu partai besar yakni Golkar. mereka telah menggandeng dua partai untuk berkoalisi menjadi satu fraksi di Dekab Boltim, periode 2019-2024. Fraksi yang terbentuk, gabungan dari Partai Golkar, Perindo, dan PBB. Tujuan nya, untuk menyatukan kekuatan mengawal aspirasi masyarakat. Pembentukan Fraksi tersebut, berlangsung di Rafida, Desa Motoboi pada (04/09/2019).
Demikian dikatakan Ketua Partai Golkar, Sumardia Modeong, melalui Ketua Pimpinan Kecamatan Hendra Damopolii. kata Dia, pembentukan fraksi golkar, telah selesai. “Iya, Fraksi Golkar telah terbentuk,” Kata Hendra.
Dia menambahkan, ada dua partai yang telah ikut bergabung pada pembentukan fraksi ini. “Partai Perindo, dan PBB, telah ikut bergabung dengan kami di Golkar, sehingga satu Fraksi ini berjumlah Lima Kursi,” Tambahnya.
Dia menjelaskan, dari hasil pembahasan, Forum telah menetapkan Ketua Fraksi. serta Koalisi ini telah di tetapkan dan akan dijalankan ketika para Calon terpilih dilantik. “Hasil rapat menentetapkan nama Suradi Simbala, ditetapkan menjadi ketua Fraksi Golkar,” jelasnya.
Menurut Hendra, selain membentuk Koalisi di DPRD Boltim, Fraksi ini menargetkan satu Komisi pada pembagian Alat Kelengkapan Dewan nanti. “Target Fraksi Satu Komisi akan direbut pada penetapan AKD nanti,” ujar Mantan Ketua KPU Boltim itu.
disinggung koalisi DPRD bakal tetap bersatu pada Pilkada 2020 mendatang, Hendra mengaku jika semua itu bisa terjadi, karena pintu terbuka lebar. “Kemungkinan Koaliasi Tiga partai ini, berlanjut hingga pada Pemilihan kepala daerah tahun depan. Nah, dapat dipastikan Fraksi ini akan mengusul satu pasang Calon. dan ini bisa terjadi,” urainya.
Terpisah Partai Bulan Bintang, yang notabene nya mengantongi satu Kursi di DPRD Boltim, mengaku jika saat ini mereka telah berkoalisi dengan dua partai membetuk satu fraksi. “PBB telah bergabung dengan golkar, membentuk satu fraksi di Dewan,” kata Dahlan Saniman, ketua PBB Boltim
Dia pun mengakui jika koalisi di DPRD Boltim ini, bisa berlanjut hingga ke tahapan Pemilihan kepala daerah. “Insya Allah ini bisa terjadi, koalisi di Dewan, hingga koalisi calon kepala daerah,” singkatnya (*)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses