banner 300x30

Usia peserta didik yang diperbolehkan mendaftar pada jenjang TK dan SD.

Usia peserta didik yang diperbolehkan mendaftar pada jenjang TK dan SD.
Posted by:

Menjelang tahun ajaran baru 2019-2020, para orang tua yang memiliki anak usia sekolah pasti tengah sibuk mempersiapkan kebutuhan yang diperlukan oleh anaknya, namun ada yang perlu orang tua fahami sebelum mendaftarkan anaknya  yaitu usia minimum diterimanya peserta didik baru pada jenjang tertentu. pada tanggal 31 Desember 2018 Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhajir Efendy telah menandatangani Permendikbud No 51 Tahun 2018 tentang penerimaan peserta didik baru pada tingkat PAUD, SD, SMP, SMA dan SMK.

Permendikbud tersebut memuat tentang aturan usia minimum peserta didik baru, Adapun persyaratan usia calon peserta didik yang tertuang dalam Permendikbud tersebut adalah :

Peserta didik baru tingkat PAUD berusia 4 – 5 tahun untuk kelompok B dan berusia 5 – 6 tahun untuk kelompok A.

Sedangkan untuk calon peserta didik baru tingkat SD berusia 7 tahun atau paling rendah telah berusia 6 tahun pada tanggal 1 Juli tahun berjalan.



Terdapat pengecuali usia minimum untuk peserta didik tingkat SD yaitu berusia 5 tahun 6 bulan pada tanggal 1 juli tahun berjalan. Dengan syarat harus memiliki rekomendasi tertulis dari psikologi professional.

Untuk lebih jelasnya dan memudahkan dalam menentukan usia peserta didik yang diperbolehkan mendaftar di tingkat PAUD dan SD dapat dilihat pada table dibawah ini :

Permendikbd Nomor 51 tahun 2018 dapat di download pada link berikut ini https://jdih.kemdikbud.go.id/arsip/PERMENDIKBUD%20NOMOR%2051%20TAHUN%202018.pdf.*

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.